Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Jumat, 19 Oktober 2007

Apakah Benua2 Pernah Menyatu??

Lihatlah peta dunia . Sekarang lihat benua amerika selatan dan afrika . Apakah kau melihat bagaimana Amerika Selayan condong ke kanan dimana terletak Brazil , Dan bagaimana Afrika mengarah kekiri apakah tampaknya kau menyambung sepeti kepingan puzzledan membuatnya menjadi satu benua?.

Nah, 50 tahun yang lalu , Seorang ilmuwan Jerman bernama Alfred Wegener melakukan hal itu . Ia menulis :"Orang yang mengamati pantai samudra Atlantik selatan terkejut melihat kesamaan bentuk garis pantai Brazil dan Afrika . Setiap proyeksi pada sisi Brazil cocok dengan lekukan disisi Afrika ." Wegener juga menemukan bahwa para ahli ilmu alam yang mempelajari tanaman dan kehidupan hewan puba di AmerikaSelatan dan Afrika ,telah menemukan banyak kesamaan .

Ini menyakinkan dirinya bahwa kedua benua ini pernah bersatu dan
terpisah. Ia membuat teori yang disebut teori pemisashan benua , Menurut teori ini , daratan dibumi pernah menjadi satu di sebuah benua yang besar. Terdapat sungai,danau,dan laut ditengah daratan . Kemudian entah kenapa alasan yang tidak diketahui ,daratan ini mulai pecah . Amerika terpisah utara terpisah Eropa barat dan bergerak kearah barat . lalu semua benua yang kita kenal sekarang terbentuk.

Apakah benar semu7anya terjadi seperti yang dikatakan Wegener? Kita tidak tahu pasti . semua ini hanyalah teori . Tapi seperti dapat kau lihat didalam peta ,Tredapat bukti-bukti untuk mendukung teori tersebut.dan studi tentang tanaman dan hewan purba membuatnya tampak mungkin . selain itu , Kerak bumi masih terus bergerak hingga sekarang . Jadi mungkin saja teori Wegener benar!!
Picture by :jan.ucc.nau.edu

Tidak ada komentar: